TENUNKOE : MENENUN, PEREMPUAN DAN LESTARIKAN

09 Feb 2018   Ku Ka   Ku Ka Sosial   Dibaca : 2115 kali.
Tenunkoe : Menenun, Perempuan dan Lestarikan

Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu provinsi Indonesia yang terletak di bagian tenggara Indonesia. Terdiri dari beberapa pulau dengan keindahan yang sungguh memikat hati. Beragam suku dan budaya juga mendiami pulau yang terkenal dengan hamparan pantai dan laut yang sangat mempesona. Selain itu NTT mempunyai kain khas yang merupakan warisan budaya, yaitu tenun.

Foto : ksmtour.com

Menenun adalah ciri khas mama-mama di NTT. Acara adat mengharuskan para perempuan NTT mengenakan kain tenun sehingga sebagian besar perempuan NTT mempunyai keterampilan menenun. Tenun yang dihasilkan oleh para perempuan NTT mempunyai karakter yang kuat karena dibuat dengan sepenuh hati. Keistimewaan tenun NTT mulai dari ragam corak dan varian warna yang unik hingga proses pengerjaan yang masih melalui proses tradisional dan alami.

Potensi para perempuan NTT ini dapat menjadi modal untuk memberdayakan ekonomi mereka dan dapat dikembangan menjadi sebuah usaha. Akan tetapi, hal tersebut tidak serta merta meningkatkan kesejahteraan mereka, dikarenakan pengetahuan yang terbatas dalam hal pemasaran, akses modal, serta pengetahuan untuk melakukan modifikasi produk menjadi produk-produk yang lebih siap pakai.

Tenunkoe melihat permasalahan ini dan berusaha memberikan solusi untuk membantu mengatasi permasalahan yang ada bagi perempuan NTT melalui gerakan Tenunkoe. Gerakan Tenunkoe adalah sebuah program pemberdayaan perempuan penenun yang menggabungkan antara program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat. Tenunkoe juga membangun kewirausahaan untuk penenun perempuan sehingga mereka dapat memperoleh pendapatan keberlanjutan.

Tenunkoe membentuk beberapa kelompok penjahit untuk mendukung penenun dalam membuat produk-produk berbasis anyaman yang inovasi. Produk yang dihasilkan pun beragam mulai dari dompet, pouch, case handphone, baju dan lainnya yang terbuat dari sentuhan tenun asli.

Tenunkoe memiliki visi meningkatkan kecintaan dan apreasi terhadap kain Nusantara. Yuk kenakan tenun khas NTT untuk tetap melestarikan kearifan lokal dan membantu perekonomian mereka melalui tenun. Secara khusus Rumah Tenunkoe yang menaungi gerakan tenun mempromosikan dan menjual berbagai produk asli perempuan NTT yang bisa kamu temukan dan beli di Tenunkoe









Foto : www.changemakers.com
(Veronica)

 

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.