MAU MUDIK? BACA DULU TIPSNYA

08 Jun 2018   Ku Ka   Gaya Hidup   Dibaca : 1842 kali.
Mau Mudik? Baca Dulu Tipsnya

Mudik menjadi tradisi yang senantiasa ditunggu-tunggu menjelang libur lebaran. Kata mudik sendiri merupakan singkatan dari 'mulih dilik' yang artinya pulang sebentar. Jadi sebenarnya kata mudik nggak ada hubungannya sama sekali dengan Lebaran. Namun seiring perkembangan, kata mudik kini telah mengalami pergeseran makna dan menjadi suatu bagian dari hari Lebaran. Menjelang hari Lebaran para perantau kembali ke kampung halaman mereka untuk merayakannya bersama dengan keluarga besar. Nah buat yang lagi siap-siap mau mudik, berikut ini tips-tips yang wajib kamu perhatikan.
 

Transportasi


Foto: kesiniaja.com


Buat kamu yang bawa mobil sendiri, sebaiknya jauh-jauh hari sebelum mudik, mampir  ke bengkel dulu buat cek keseluruhan kondisi mobil supaya aman saat mudik. Dan yang rencana akan menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kereta api, kapal laut, dan bus maka kamu jauh-jauh hari sudah pesan tiket biar nggak kehabisan. Untuk yang ingin pakai motor disarankan jangan ya, terlalu berisiko. Kalau tetap mau bawa motor, motornya bisa diangkut pakai kereta api. Nanti pas di kota tujuan motornya bisa dipakai. Lebih aman deh!


Peta Mudik
 

Foto: detik.com


Kamu mesti update peta terbaru untuk rute mudik terutama yang akan melewati jalan tol. Sekarang sudah lebih mudah guys! Siapkan kartu e-money ya dengan saldo yang cukup, ya. Lebih baik lebih, sih daripada kurang. Tengsin, cuy!


Yang Perlu Dibawa
 

Foto: karimunestilo.com

 

Bawa sepatu/ sandal yang nyaman, pakaian secukupnya, perlengkapan sholat, obat-obatan, makanan siap saji, air minum,  camilan dan oleh-oleh untuk keluarga di kampung (nahhh camilan dan oleh-olehnya bisa kamu beli di kedaikuka.co.id/ramadan, kamu juga bisa beramal loh). Bawa power bank, kabel data, mp3, tissue kering, tissue basah, uang receh pecahan Rp1000 - Rp10.000 (berfaedah untuk bayar-bayar parkir atau saat di toilet SPBU).


Kondisi Rumah
 

Foto: malangvoice.com


Nah ini nih yang paling utama. Pastikan sebelum meninggalkan rumah, harus dicek dulu semuanya. Lepas selang tabung gas dari kompor, tutup semua keran air, matikan listrik yang tidak digunakan (kecuali lampu teras rumah bisa menggunakan sensor cahaya jadi kalau gelap otomatis menyala), bersihkan rumah serta buang sampah-sampah supaya nggak mengundang semut, kecoa dan tikus, bersihkan kulkas supaya nggak ada makanan yang terbuang saat kamu kembali. Kalau kamu punya binatang peliharaan, jangan lupa dibawa ke tempat penitipan binatang peliharaan. Untuk barang-barang seperti emas, perhiasan, surat-surat berharga dapat dititipkan di safety box di Pegadaian maupun di bank dengan biaya terjangkau. Kunci semua jendela, pintu dan pagar rumah. Lengkapi dengan gembok.


Udah nggak sabar ya mau mudik. Tetap jaga kesehatan ya supaya semuanya berjalan lancar dan jangan lupa berdoa.


Foto sampul: tribunnews.com



(Frans Palangan)

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.