JANGAN PANIK SAAT GEMPA BUMI! LAKUKAN LANGKAH-LANGKAH BERIKUT INI

06 Aug 2018   Ku Ka   Gaya Hidup   Dibaca : 1949 kali.
Jangan Panik Saat Gempa Bumi! Lakukan Langkah-Langkah Berikut Ini

Beberapa hari ini kita dikejutkan dengan berita terkait dengan gempa bumi yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang juga dirasakan di Bali hingga sebagian Jawa Timur. Yang paling utama bila terjadi gempa adalah jangan panik. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini apabila terjadi gempa.


Di Gedung


Foto: beritasatu.com


Buat kamu yang di dalam gedung seperti perkantoran, pusat perbelanjaan maupun kampus/ sekolah, bila terjadi gempa usahakan berlindung di bawah meja atau kursi yang kuat. Jauhi jendela kaca serta benda-benda yang mudah jatuh.
 

Foto: voaindonesia.com


Bila gempa berhenti, dengan tenang namun tetap sigap segera menuju ke pintu darurat. Jangan gunakan lift. Untuk yang sudah terlanjur berada di dalam lift segera keluar menuju tangga darurat terdekat. Kemudian berkumpul di titik kumpul aman.


Foto: merdeka.com


Di Dalam Rumah


Foto: Tribun Jogja


Jika kamu berada di dalam rumah saat terjadi gempa, segera berlindung di bawah meja, atau tempat yang aman, lindungi kepala dengan bantal atau tas. Jauhi barang-barang pecah-belah, jendela kaca maupun lampu gantung. Bila gempa berhenti, tetap waspada dan segera keluar rumah menuju tanah yang lapang. Jauhi tiang listrik, pohon, maupun bangunan.


Foto: raya berita


Bagi yang berada di dekat laut atau pantai, apabila gempa sangat kuat segera berlari ke tempat yang lebih tinggi untuk antisipasi jika terjadi tsunami.


Foto: Smithsonian Magazine


Jika kamu berada di dalam kendaraan, segera berhenti serta keluar dari kendaraan. Hindari jalan layang maupun jembatan yang kemungkinan besar dapat runtuh.


Foto: tribunnews.com


Tetap waspada dan jangan panik bila terjadi gempa ya, guys! Share artikel ini ke keluarga maupun sahabat.


Foto sampul: 24berita.com



(Frans Palangan)

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.