6 CANDI CANTIK YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI DI SEKITAR PRAMBANAN

16 Oct 2018   Ku Ka   Pilihan Terbaik   Dibaca : 3102 kali.
6 Candi Cantik yang Wajib Kamu Kunjungi di Sekitar Prambanan

Candi Prambanan ngga perlu diragukan lagi ketenarannya. Candi yang termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Di seputar Prambanan, ternyata ada juga lho candi-candi cantik tentunya sayang untuk dilewatkan. Duhhh, jadi penasaran candi apa aja sih? Langsung aja guys, jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan setiap momen di sana.


Candi Kalasan


Foto: instagram.com/wahwahid
 

Candi yang terletak di Desa Kalibening, Kabupaten Sleman ini dalam Prasasti Kalasan disebut juga Candi Kalibening, sesuai dengan nama desa tempat candi tersebut berada. Tidak jauh dari Candi Kalasan terdapat sebuah candi yang bernama Candi Sari. Selain keindahan bangunan, candi ini juga terkenal akan kehalusan pahatannya. Ciri khas lainnya yakni terdapat vajralepa (bajralepa) untuk melapisi ornamen-ornamen dan relief pada dinding luarnya. Tetap jaga kesopanan saat berkunjung ke sana ya guys!


Candi Sewu
 

Foto: instagram.com/novemlawalata


Candi Budha ini terletak di dalam komplek Candi Prambanan. Candi Sewu merupakan kompleks Candi Budha terbesar kedua di Indonesia setelah Candi Borobudur. Nama candi berasal dari bahasa Jawa “sewu” yang berarti “seribu candi”, meskipun kompleks candi hanya terdiri dari 249 candi. Nama asli candi ini diperkirakan adalah Manjusrigrha yang diibangun pada abad ke-8. Sore hari merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung ke candi ini. Kamu bisa menikmati keindahan sunset berpadu dengan menara-menara candi sewu. Jadi nggak sabar pengin ke sana.


Candi Plaosan Lor


Foto: instagram.com/dhita_sela_pantama


Candi Plaosan merupakan sebutan untuk kompleks percandian yang terletak di Dukuh Plaosan, Candi ini terletak kira-kira satu kilometer ke arah timur-laut dari Candi Prambanan. Kompleks candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman Kerajaan Medang, atau juga dikenal dengan nama Kerajaan Mataram Kuno. Kompleks Candi Plaosan terdiri atas Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Buat yang mau foto-foto prewedding, cocok banget lho.


Candi Sari
 

Foto: instagram.com/wahwahid


Candi ini letaknya nggak jauh dari Candi Kalasan. Candi ini memiliki kemiripan dengan Candi Kalasan. Keduanya sama-sama candi Buddha yang dibangun pada abad 8 M oleh pemerintahan Rakai Panangkaran, dan sama-sama menggunakan plester vajralepa untuk melapisi batuan candi. Candi Sari mempunyai kemiripan juga dengan Candi Plaosan Lor. Keduanya sama-sama candi dengan dua tingkat atau lantai. Lantai yang kedua terbuat dari kayu. Meskipun kayunya sudah habis dimakan waktu, tetapi bekas-bekas kuncian kayunya masih terlihat. Selain itu di Candi Sari juga ada prasasti pendek yang ditulis dengan cat seperti di Candi Plaosan Lor.


Candi Sambisari



Foto: instagram.com/margotte_explore


Candi Sambisari terletak di Dusun Sambisari Kecamatan Kalasan, Sleman. Dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya 15 kilometer ke arah timur laut. Candi Sambisari yang merupakan candi Hindu beraliran Syiwa ini diperkirakan dibangun pada awal abad ke-9 oleh Rakai Garung, seorang Raja Mataram Hindu dari Wangsa Syailendra. Candi ini pada awalnya ditemukan secara tidak sengaja guys oleh seorang petani. Saat sedang mencangkul di sawahnya, petani tersebut merasakan cangkulnya menghantam sebuah benda keras. Setelah digali dan diamati, ternyata adalah sebuah batu berhiaskan pahatan. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahun 1966 ditetapkan bahwa di lahan tersebut terdapat reruntuhan sebuah candi yang terpendam oleh timbunan pasir dan batu yang dimuntahkan oleh G. Merapi pada tahun 1906. Rekonstruksi dan pemugaran candi ini selesai pada tahun 1987.


Candi Banyunibo



Foto: instagram.com/kalilipat_visual


Candi Banyunibo merupakan salah satu kompleks candi Budha pada abad ke-9 yang terletak di Dusun Cepit, Prambanan. Candi ditemukan pada tahun 1942, yang kemudian berhasil dipugar hingga tahun 1978. Dalam sejarahnya, diperkirakan bahwa Candi Banyunibo berasal dari era Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini berdiri di sebuah lembah sempit yang turut dikelilingi oleh hamparan sawah sejauh dua kilometer. Di mana di sisi utaranya merupakan Candi Prambanan dan di selatannya merupakan kompleks perbukitan Gunung Sewu. Indahnya banget ya guys.


Lokasi-lokasi tersebut di atas bisa kamu jangkau dengan menggunakan mobil maupun motor, Naik motor sih lebih seru, apalagi berdua sama pacar, awwww. Dukung selalu wisata lokal, kalau bukan kita siapa lagi? Selamat berwisata.


Foto sampul: instagram.com/suarapemudajogja



(Frans Palangan)

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.