MAKNA DAN 5 TRADISI PERAYAAN PASKAH DI INDONESIA

09 Apr 2020   Ku Ka   Kabar Ku Ka   Dibaca : 1743 kali.
Makna dan 5 Tradisi Perayaan Paskah di Indonesia

Perayaan Pekan Suci merupakan peristiwa yang penting bagi umat Katolik dan Kristen di seluruh penjuru dunia. Pada sepanjang minggu ini umat Katolik dan Kristen memasuki Pekan Suci dan bersuka-cita menyambut perayaan Tri Hari Suci Paskah. 

Pekan Suci dimulai dari Minggu Palem yang bermakna sukacita dan harapan, merefleksikan kisah perjalanan Yesus ke kota Yerusalem dengan menunggang seekor keledai dan disambut oleh warga kota dengan lambaian daun palem bagai seorang raja yang datang memasuki ibukota kerajaannya dan disambut oleh rakyatnya dengan penuh sukacita.

Cinta kasih sejati dari Yesus mendasari perayaan Kamis Putih yang bermakna kasih dan pelayanan, merefleksikan kisah Yesus membasuh atau mencuci kaki dari 12 (dua belas) muridNya. Dilanjutkan dengan acara “Perjamuan Terakhir” atau makan malam terakhir dari Yesus bersama murid-muridNya. Dimana Yesus mengambil roti tidak beragi kemudian memecah-mecah roti tersebut dan membagikannya kepada ke-12 murid, sebagai lambang dari tubuh Yesus yang tidak berdosa, namun harus dikorbankan untuk menebus dosa umat manusia. Kemudian Yesus menuangkan anggur kedalam cawan untuk dibagikan kepada ke-12 murid, sebagai lambang dari darah Yesus yang harus dicurahkan untuk menebus dosa umat manusia.

Perayaan Jumat Agung bermakna penderitaan dan pengorbanan, dimana Yesus harus menderita atas tuduhan hingga akhirnya menjalani hukuman mati dengan cara disalibkan bersama para penjahat di sisi kiri dan kanan salib Yesus.

Sepanjang hari Sabat, hari yang disucikan Tuhan bagi umat manusia untuk beristirahat dan mengingat Sang Khalik Langit dan Bumi, sejak pembukaan Sabat pada hari Jumat petang sampai dengan penutupan Sabat pada hari Sabtu petang, Yesus pun beristirahat dimakamkan dalam goa. 

Pada hari Minggu pagi, Yesus pun bangkit dari antara orang mati dan meninggalkan kubur yang kosong. Inilah saat dimana umat Katolik dan Kristen merayakan kebangkitan Yesus. Kitab Injil berkata bahwa Yesus mati di kayu salib pada hari Jumat Agung dan hidup kembali tiga hari kemudian. Paskah merayakan hari kebangkitan tersebut dan merupakan perayaan yang terpenting karena memperingati peristiwa yang paling sakral dalam hidup Yesus, seperti yang tercatat di dalam keempat Injil di Perjanjian Baru. Perayaan ini juga dinamakan Minggu Paskah, Hari Kebangkitan, atau Minggu Kebangkitan.

Menghias telur paskah adalah salah satu adopsi tradisi dari kepercayaan Pagan yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Lalu kenapa paskah identik dengan telur? Ternyata hari raya Paskah selalu berdekatan dengan hari perayaan Dewi Eostra Teutonik yang dikenal sebagai dewi kesuburan. Karna itu di setiap Paskah ada acara menghias telur paskah karena telur disimbolkan sebagai kesuburan dan juga dilambangkan sebagai kebangkitan Yesus.

Walaupun di Indonesia juga terbiasa merayakan hari raya Paskah dengan menghias telur paskah, tapi banyak juga loh tradisi khusus selama hari Paskah. Misalnya 5 perayaan Paskah di Indonesia yang juga enggak kalah unik berikut ini:

1. Momento Mori, Kalimantan Tengah

Hari raya Paskah juga punya arti berkumpul dengan keluarga besar. Biasanya pada saat hari Paskah seluruh anggota keluarga berkumpul dan bersama-sama pergi ke gereja untuk kebaktian. Kebanyakan umat nasrani di Kalimantan Tengah juga akan melakukan tradisi Momento Mori. Tradisi Momenti Mori adalah tradisi berziarah ke makan keluarga, ziarah ini bisa dibilang unik karena biasanya dilakukan mulai dari siang hari di Sabtu Suci sampai menjelang subuh di malam Paskah.


Gambar: https://tiramayamaisesamalino.wordpress.com

2. Semana Santa, Flores Timur
 

Makna Paskah di Flores Timur begitu dalam sehingga ada perayaan khusus yang diberi nama Semana Santa. Hari Paskah dirayakan selama empat hari berturut-turut di Larantuka, Flores Timur dimana ritual mulai dilakukan sejak Kamis Putih dan berakhir di hari Minggu Paskah. Perayaan Paskah di Larantuka ini juga menjadi salah satu objek wisata yang sangat menarik karena prosesinya yang begitu unik. Prosesi puncak yang jatuh setiap Jumat Agung dirayakan dengan begitu meriah tapi tetap khusyuk.


Prosesi yang paling dinantikan adalah ketika jemaat melakukan tradisi Tikam Puro pada sore hari di Kamis Putih. Jemaat akan membuka jalan dan memasang lilin di sepanjang jalan untuk prosesi Semana Santa. Puncak acaranya adalah ketika patung Yesus Kristus dan Bunda Maria atau dalam bahasa lokal disebut Tuan Ana dan Tuan’ Ma diarak mengelilingi Larantuka.


Gambar: Blog Larantuka


3. Kure, Nusa Tenggara Timur

 

Sama seperti di Larantuka tradisi yang sudah ada ratusan tahun tetap terjaga di Noemuti, Kabupaten Timor Tengah Utara. Hari Paskah di Noemuti yang disebut dengan Kure ini mempunyai makna Paskah yang sangat berarti untuk penyebaran agama Katolik di Pulau Timor.

Tradisi ini diawali dengan membersihkan patung Yesus dan Bunda Maria yang dibawa dari Portugis oleh tetua adat. Setelah proses pembersihan patung Yesus dan Bunda Maria dilanjutkan dengan menyerahkan persembahan berupa uang, buah-buahan, sayuran, sirih, dan pinang. Prosesi ini dilanjutkan dengan berdoa bersama-sama dipimpin oleh pastor dan tetua adat.


Gambar: regional.kompas

4. Jalan Salib, Wonogiri

Prosesi jalan salib juga biasanya hadir di perayaan hari Paskah di dunia. Di Indonesia prosesi jalan salib juga banyak dilakukan di berbagai daerah salah satunya di Gung Gandul, Wonogiri. Perayaan Paskah di Wonogiri juga dimeriahkan dengan jalan salib yang dilakukan oleh para umat Katolik. Prosesi Jalan Salib ini biasanya diikuti oleh ribuan umat yang ingin berdoa bersama-sama.


Gambar: simomot

5. Ziarah Gua Maria Sendangsono, Kulon Progo
 

Gua Maria juga kerap dijadikan salah satu tempat berdoa dan merenung. Maka dari itu banyak juga yang memilih merayakan Paskah dengan berziarah ke Gua Maria, salah satunya Gua Maria yang terletak di Kulon Porogo, Yogyakarta. Perayaan Paskah di Gua Maria ini biasanya dilakukan dengan sederhana dan dipenuhi dengan doa pengucap syukur.


Gambar: 
nfo-jogja

 

Meskipun tidak merayakan Pekan Suci di rumah ibadah namun kita harus tetap menyambut Paskah dengan penuh sukacita, beribadah online #dirumahaja, memberikan ucapan & doa kepada mereka yang merayakan. Disaat seperti ini kita melihat yang sederhana jadi bermakna, dilakukan dengan tulus tanpa balas, membawa sejuk & damai untuk diri kita sendiri.


Sumber:

https://www.kompasiana.com/hpinstitute/552a8071f17e61dd14d6241e/makna-hari-raya-paskah-bagi-umat-katolik-dan-kristen
https://id.wikipedia.org/wiki/Paskah
https://www.shopback.co.id/katashopback/5-perayaan-unik-hari-raya-paskah-yang-ada-di-indonesia

(CI)

 

 

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.