KEMDIKBUD & TVRI: PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH

13 Apr 2020   Ku Ka   Kabar Ku Ka   Dibaca : 1208 kali.
Kemdikbud & TVRI: Program Belajar dari Rumah

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggandeng Televisi Republik Indonesia (TVRI) meluncurkan program Belajar dari Rumah sebagai alternatif belajar di tengah pandemi virus Covid-19. Program Belajar dari Rumah akan diselenggarakan selama 3 bulan mulai tanggal 13 April 2020, pukul 08.00 hingga 23.30.
Konten pembelajaran dalam program Belajar dari Rumah akan fokus pada literasi, numerasi dan penumbuhan budi pekerti atau pendidikan karakter. Selain materi pembelajaran untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga pendidikan menengah, Belajar dari Rumah juga menayangkan materi bimbingan untuk orang tua dan guru. Serta program kebudayaan di akhir pekan, yakni setiap Sabtu dan Minggu.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim ingin memastikan bahwa dalam kondisi darurat seperti sekarang ini masyarakat terus mendapatkan kesempatan untuk melakukan pembelajaran di rumah, salah satunya melalui media televisi. Meskipun Kemdikbud sudah menjalin kerja sama dengan platform teknologi atau online learning milik swasta untuk memfasilitasi siswa belajar di rumah, Kemdikbud menyadari bahwa masih banyak sekolah di daerah yang tidak memiliki akses internet, kesulitan menggunakan platform teknologi, hingga keterbatasan dana untuk kuota internet atau pulsa.
Kemdikbud akan melakukan monitoring dan evaluasi bersama lembaga pemerintah yang independen untuk mengkaji kualitas program Belajar dari Rumah, seperti mengukur apakah manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Mendikbud juga menyampaikan gotong royong menjadi kunci dalam memfasilitasi anak bangsa untuk mendapatkan akses pendidikan. Karena itu Kemdikbud terbuka untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam hal pembelajaran, seperti membuat konten edukatif, edutainment, atau platform teknologi, baik dengan mitra yang berada di Indonesia maupun mancanegara.

Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud) Hilmar Farid menjelaskan detail mengenai program Belajar dari Rumah di TVRI.  Berikut ini adalah jadwal program yang sudah dibuat:



Dengan adanya program Belajar dari Rumah ini diharapkan dapat memperluas akses layanan pendidikan bagi masyarakat di daerah terdepan, tertular, dan tertinggal (3T) yang memiliki keterbatasan akses internet maupun keterbatasan ekonomi. TVRI merupakan saluran bebas biaya yang bisa dinikmati masyarakat di berbagai daerah, dan bisa dimanfaatkan oleh siswa, guru, dan orang tua untuk membantu pembelajaran dari rumah selama pandemi virus Covid-19.
Bagaimana? Kira-kira tayangan atau materi pembelajaran apa yang mau kamu lihat melalui program Belajar dari Rumah? Kalau aku, tentunya informasi menarik melalui tayangan kebudayaan dan film Indonesia terbaik.
Terus semangat dan berdoa semoga pandemi ini cepat berlalu, sehingga kita bisa kembali belajar di sekolah, mencari informasi budaya dengan wisata keliling Indonesia. Sekarang, kita bersabar dan tetap patuh pada anjuran pemerintah untuk #dirumahaja, yah!
#dihatiKU #KAmudekat #KuKauntukIndonesia #kukaakusuka
Sumber:
liputan6.com; kemendikbud.go.id



(CI)

 
 

 

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.