5 TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN

01 Jul 2016   Ku Ka   Gaya Hidup   Dibaca : 3655 kali.
5 TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN

Lebaran sebentar lagi nih, Kawan Ku Ka. Gimana persiapan mudikmu tahun ini? 

Mudik merupakan salah satu tradisi di Indonesia yang biasanya dilakukan saat menjelang lebaran. Tujuannya, menyatukan tali silaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman. Perjalanan yang panjang dan melelahkan membuat tradisi ini memerlukan persiapan yang matang sebelum melakukannya. Kali ini Team Ku Ka akan membahas tentang tips mudik aman dan nyaman.

1.    Cek Kendaraan
Untuk kamu yang berencana mudik memakai kendaraan pribadi, kamu wajib cek kendaraan kamu sebelum berangkat mudik seperti ganti oli, tune up dan sebagainya. Hal ini sangat diperlukan mengingat perjalanan mudik akan menemui banyak rintangan seperti kemacetan dan kondisi jalan yang tidak stabil.

 Photo by mother and baby
 
2.    Packing
Saat mudik memang banyak sekali bawaan yang harus dibawa. Hal ini membuat tas atau koper kamu semakin besar dan memakan banyak ruang dibagasi mobil. Ini biasanya terjadi karena kamu salah dalam hal packing. Untuk mengatasinya, kamu dapat menggulung pakaianmu. Selain dapat menghemat ruang dalam tas kamu, ini juga dapat mencegahnya dari kusut atau lecek. Jika kamu membawa sepatu didalam tas, kamu bisa mengganti kotak sepatunya dengan plastik. 

 Photo by greeting the world
 
3.    Pastikan Rute yang akan di lalui 
Bukan rahasia lagi kalo mudik merupakan salah satu moment yang bisa bikin kamu berlama-lama didalem mobil karena macet. Oleh karena itu, jika kamu gak mau kena macet kamu harus tentukan rute yang akan dilalui, banyak jalan-jalan alternative yang bisa digunakan untuk para pemudik. Sebelum melakukan perjalanan kamu harus pastikan rute yang akan kamu lalui bisa juga menggunakan GPS.

 Photo by jogjaid
 
4.    Siapkan Obat-obatan pribadi 
Perjalanan yang panjang dan melelahkan membuat kamu harus menjaga kondisi tubuhmu hingga sampai tujuan. Kelelahan dapat membuat kamu jatuh sakit dan membuat rencanamu sedikit terganggu. Oleh karena itu selalu siapkan obat-obatan pribadi agar kondisimu tetap fit menjelang hari raya tiba.

 Photo by green world global
 
5.    Bawa banyak makanan
Perjalanan yang panjang mewajibkan kamu untuk terus tetap sehat dan fit selama mudik. Salah satu yang harus diperhatikan ialah membawa asupan makanan yang cukup. Selain makanan, air putih juga wajib kamu konsumsi secara teratur agar terhindar dari dehidrasi selama perjalanan

Photo by marllyn barbone

Semoga tips mudik aman dan nyaman ini bisa bermanfaat bagi kamu ya.

Author : Rika Ussy Perdani

Editor : Audithya Arabella 

Cover photo by : Galuo

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.