RITUAL PASKAH DI 3 DAERAH INDONESIA, SUDAH TAHU?

10 Apr 2017   Ku Ka   Saatnya Lokal   Dibaca : 2882 kali.
Ritual Paskah di 3 Daerah Indonesia, Sudah Tahu?

Kawan Ku Ka, paskah yang dinantikan oleh umat Nasrani akan tiba dalam hitungan hari. Perayaan yang sangat sakral ini dirayakan dengan berbagai cara di tiga daerah yaitu Kabupaten Timor Tengah Utara, Palangkaraya, dan Larantuka. Tahukah Kawan Ku ka masing-masing ritual yang dilakukan untuk menyambut paskah di sana? Yuk yuk Ku Ka kasih tahu!

sumber: infoitah.net
Memento Mori adalah ritual paskah yang terbilang unik di seluruh dunia. Memento Mori diadakan di Palangkaraya. Diadakan mulai Sabtu Suci, keluarga yang sanak saudara sudah dimakamkan berkunjung ke makam dengan lilin, tikar, dan bekal. Lilin ditaruh dan dinyalakan di atas makam. Tikar digelar para keluarga untuk menginap di samping makam. Bekal pun dibawa untuk disantap bersama. Tidak heran, suasana di makam pun menjadi sangat ramai karena banyak juga yang berjualan di sekitarnya. Setelah berjaga semalam suntuk, umat pun mengikuti ibadah di tenda-tenda yang telah disediakan oleh Gereja dan pemakaman. Sungguh unik, ya?


sumber: jalan2liburan.com
Ritual bernama Semana Santa yang diadakan di Larantuka, Nusa Tenggara Timur ini terkenal dengan prosesi yang kaya akan makna terkait dengan runtutan acara yang berlangsung selama empat hari. Diawali dengan Rabu Trewa, umat Katolik di Larantuka melakukan ibadah di pagi hari. Malamnya mereka menabuh gendang, memukul kaleng, dan semua benda yang mengeluarkan suara nyaring untuk mengingat kembali prajurit dan serdadu memasuki Taman Getsemani untuk menangkap dan menyeret Yesus.

Pada hari berikutnya, umat memasang lilin di rute arak-arakan puncak paskah (turo), menandakan hari itu adalah Kamis Putih. Siang harinya, digelar Muda Tuan, yaitu membuka peti yang ditutup selama setahun. Peti tersebut berisi patung Tuan Ma (Bunda Maria) dan Tuan Ana (Yesus Kristus) yang siap dimandikan dan dibalut dengan mantel beludru berwarna hitam, ungu, atau biru setelah dikeluarkan dari peti.

Puncaknya jatuh pada hari Jumat Agung di mana paginya Patung Tuan Ma dan Tuan Ana diarak keliling Larantuka untuk mengenang penyaliban Yesus. Pada hari Paskah, patung-patung diarak kembali ke rumahnya masing-masing.


sumber: kumbang.tribunnews.com
Kure adalah satu ritual paskah yang diadakan di Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara timur. Upacara ini dipimpin oleh 18 tetua adat dan pastor. Dimulai dari hari Rabu, dalam upacara Bualoet semua hasil kebun dikumpulkan untuk menjamu tetua adat, pastor, dan umat yang hadir dalam acara prosesi. Selanjutnya diadakanlah Soet Oe yaitu kegiatan mengambil air dan batu pipih yang dilakukan oleh pemangku adat dari setiap suku. Kemudian dilakukanlah Taniu Usi Neno. Adalah upacara mencuci salib, patung Yesus, dan Maria yang selanjutnya akan dipajang di Ume Mnasi (rumah induk para kepala suku dalam prosesi Kure).

 

(Anna Debora)

 

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.