62 Pride 29 Juli 2020, 15:04
Mengapa Harus Dukung Produk Lokal?
Penulis : Ku Ka
Editor : Ku Ka
Petunjuk hubungi admin
Untuk dapat mengubungi admin kuka.co.id anda akan di bawa menuju halaman pusat bantuan di halaman tersebut bagian kanan bawah anda akan melihat gambar di bawah ini :
Untuk menuju pusat bantuan klik tombol "Ya, ke pusat bantuan" dan Jika anda ingin tetap berada di halaman ini klik tombol "Tidak, tetap disini"
62 Pride 29 Juli 2020, 15:04
Mengapa Harus Dukung Produk Lokal?
Penulis : Ku Ka
Editor : Ku Ka
Sebelum Ku Ka bahas lagi judulnya, jangan bosen-bosen ya diinfo sama Ku Ka tentang produk lokal, karena kalo bukan kita yang banggain siapa lagi coba? Hehehehe … Sudah hampir 2 bulan lebih pandemi Covid 19 menjadi masa sulit bagi para pelaku UMKM karena berdampak besar terhadap bisnis, padahal UMKM jadi salah satu kekuatan ekonomi bangsa untuk menghadapi perdagangan bebas.
UMKM juga membantu mengatasi masalah lapangan kerja, banyak UMKM yang bisa menembus pasar Internasional karena adanya pemasaran digital seperti Ku Ka nih salah satunya, mari flashback sejenak ke tahun 2018, Ku Ka melalui portal ruKuKa.com (rumah Ku Ka) berkolaborasi dengan (X)SML terbang ke Tokyo membawa karya-karya terbaik milik enam desainer independen kebanggaan Indonesia. Karya-karya terbaik bangsa ini ditampilkan di Amazon Fashion Week Tokyo 2018 pada 19 Maret 2018.
Ku Ka mengusung tema #saatnyalokal
Ku Ka marketplace khusus produk lokal Indonesia, konsisten dengan janjinya untuk selalu berjalan maju bersama produk lokal. Jika platform online lain memudahkan masuknya produk luar ke Indonesia, Ku Ka di tahun 2019 menerbangkan 3.200 produk dari 30 merek lokal Indonesia. Produk-produk dipamerkan dan diperjualbelikan dalam momen Hello 2019, Love Indonesia di SEIBU Shibuya Jepang. Melalui proses panjang selama delapan bulan, membawa produk lokal menuju pasar global bukan perkara mudah. Tantangan yang menjadi kendala di administrasi dan sertifikasi, walaupun produk sudah lolos pemetaan kurasi dari segi desain dan kualitas Ku Ka. Namun berkat kerja keras, segala upaya tersebut akhirnya berbuah manis. Bermodalkan surat keterangan dari Atase Perdagangan KBRI Tokyo mengenai proyek Hello 2019 Love Indonesia, Ku Ka berhasil mendapat surat keterangan dari Kementerian Perdagangan terkait pengiriman produk kopi.
Kemudian untuk pengiriman produk-produk lainnya, melalui kerja sama dengan Garuda Cargo dan perusahaan jasa ekspor. Dengan demikian, tibalah 3.200 produk lokal Indonesia di Jepang pada 18 Desember 2018. Produk-produk ini tampil di Hello 2019 Love Indonesia, yang digelar pada 1-14 Januari 2019.
Dokumentasi showcase di SEIBU, Shibuya
Penetrasi Produk Lokal Ku Ka ke Jepang
Tahun 2019 menjadi tahun yang berkesan bagi Ku Ka karena untuk kedua kalinya, Ku Ka kembali memasarkan produk ke luar negeri. Ku Ka bersama partnernya, Riri and Dot, menggelar pameran dan bazaar produk lokal Indonesia kedua. Acara ini digelar pada 1-14 Maret 2019 di ShinQ Hikarie, lantai 5. Pameran ini terbuka untuk umum dari pukul 10.00 - 21.00 waktu Jepang. Sekitar seribu produk dari puluhan merek Indonesia dipamerkan dan diperjualkan dalam acara bertajuk Indonesia Bazaar.
Dengan membawa produk-produk Indonesia ke Jepang, Ku Ka beserta merek-merek lokal yang berpartisipasi mendapat banyak masukan dengan mengikuti standarisasi produk yang ada.Bazaar kedua Ku Ka di Jepang mendapat dukungan penuh dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo. Selain Indonesia Bazaar di Hikarie, Ku Ka bersama (X)SML Fashion kembali berpartisipasi dalam Amazon Fashion Week Tokyo 2019.
Jadi kalau kembali ditanya mengapa harus produk lokal Indonesia, jawabannya …… karena produk Indonesia mampu bersaing dengan produk yang ada di luar negeri, produk Indonesia juga banyak dinikmati karena keunggulan designnya yang unik khas Indonesia serta banyak variasinya, kalau untuk kualitas sudah ada yang akhirnya bisa menyesuaikan standar negara tujuan. Ku Ka akan selalu mendukung kemajuan produk lokal Indonesia dan membuka peluang kerjasamanya seluas-luasnya bagi para UMKM, stakeholders, pemerintah maupun pihak swasta lainnya untuk berkolaborasi membuat suatu kegiatan maupun kampanye untuk membuat produk Indonesia bisa berjaya tidak hanya di negara sendiri.
Semoga di tengah masa pandemi ini, para UMKM bisa saling mendukung untuk tetap berkarya & berkreasi, dengan adanya Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia yang digaungkan pemerintah sebagai upaya penggabungan antara masyarakat, e-commerce, dalam mendukung perekonomian UMKM saat ini serta pemulihan pasca pandemi. Nantinya dalam gerakan ini para pelaku UMKM akan mendapatkan pelatihan dan edukasi tentang digital skill.
Harapan dari Gerakan #BanggaBuatanIndonesia ini yakni, UMKM dapat bertahan dalam keadaan apapun dan bisa terus berkembang untuk menjangkau customer di berbagai daerah di penjuru Dunia. Yuk sama-sama kita dukung gerakan #BanggaBuatanIndonesia dengan membeli & menggunakan produk-produk lokal hasil para UMKM di Indonesia. Kamu bisa cek produk-produk lokal di kuka.co.id juga ya, boleh dong promo lagi yaaaa, semoga setelah pandemi Ku Ka bisa kembali membawa produk-produk lokal luar negeri lagi, bantu aminin dan tetap dukung Ku Ka ya!
Baca Artikel Lain
Kabar Terkini 25 Januari 2023, 11:44
Masyarakat Umum Sudah Bisa Booster Kedua
Penulis : Ku Ka
Editor : Ku Ka
Tidak perlu tunggu dapat tiket, masyarakat umum sudah bisa mendapatkan vaksinasi COVID-19 Booster kedua. Hal ini dilakukan sebagai upaya percepatan vaksinasi sekaligus meningkatkan proteksi Read more...
Kabar Terkini 13 Oktober 2022, 15:02
Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023
Penulis : Ku Ka
Editor : Ku Ka
Pemerintah telah menetapkan jumlah libur nasional dan cuti bersama 2023 sebanyak 24 hari. Keputusan itu tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri yang mengatur hari libur nasional dan Read more...
Kabar Terkini 20 September 2022, 12:16
Timnas Indonesia U-20 Lolos Ke Piala Asia U-20
Penulis : Ku Ka
Editor : Ku Ka
Timnas Indonesia U-20 sempat unggul, tertinggal, lalu akhirnya menang hingga tiket Piala Asia mampu diamankan. Pada laga terakhir Grup F di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, tim U-20 Read more...
62 Pride 20 September 2022, 11:30
BLACKPINK Kenakan Busana Rancangan Desainer Indonesia
Penulis : Ku Ka
Editor : Ku Ka
Kelompok K-Pop BLACKPINK yang terdiri dari Jennie, Lisa, Jisoo, dan Rose baru saja merilis lagu sekaligus video musik terbaru mereka yang berjudul, “Shut Down.” Hingga artikel ini dirilis, video Read more...
62 Pride 16 September 2022, 15:12
Film Ngeri-ngeri Sedap Terpilih Mewakili Indonesia di Piala Oscar 2023
Penulis : Ku Ka
Editor : Ku Ka
Film Ngeri-Ngeri Sedap terpilih mewakili Indonesia mengikuti kompetisi Academy Awards ke-95 untuk kategori Film Fitur Internasional (The International Feature Film Award). Setiap tahun Academy of Read more...
62 Pride 29 Juli 2020, 15:04
Mengapa Harus Dukung Produk Lokal?
Penulis : Ku Ka
Editor : Ku Ka
Sebelum Ku Ka bahas lagi judulnya, jangan bosen-bosen ya diinfo sama Ku Ka tentang produk lokal, karena kalo bukan kita yang banggain siapa lagi coba? Hehehehe … Sudah hampir 2 bulan lebih pandemi Covid 19 menjadi masa sulit bagi para pelaku UMKM karena berdampak besar terhadap bisnis, padahal UMKM jadi salah satu kekuatan ekonomi bangsa untuk menghadapi perdagangan bebas.
UMKM juga membantu mengatasi masalah lapangan kerja, banyak UMKM yang bisa menembus pasar Internasional karena adanya pemasaran digital seperti Ku Ka nih salah satunya, mari flashback sejenak ke tahun 2018, Ku Ka melalui portal ruKuKa.com (rumah Ku Ka) berkolaborasi dengan (X)SML terbang ke Tokyo membawa karya-karya terbaik milik enam desainer independen kebanggaan Indonesia. Karya-karya terbaik bangsa ini ditampilkan di Amazon Fashion Week Tokyo 2018 pada 19 Maret 2018.
Ku Ka mengusung tema #saatnyalokal
Ku Ka marketplace khusus produk lokal Indonesia, konsisten dengan janjinya untuk selalu berjalan maju bersama produk lokal. Jika platform online lain memudahkan masuknya produk luar ke Indonesia, Ku Ka di tahun 2019 menerbangkan 3.200 produk dari 30 merek lokal Indonesia. Produk-produk dipamerkan dan diperjualbelikan dalam momen Hello 2019, Love Indonesia di SEIBU Shibuya Jepang. Melalui proses panjang selama delapan bulan, membawa produk lokal menuju pasar global bukan perkara mudah. Tantangan yang menjadi kendala di administrasi dan sertifikasi, walaupun produk sudah lolos pemetaan kurasi dari segi desain dan kualitas Ku Ka. Namun berkat kerja keras, segala upaya tersebut akhirnya berbuah manis. Bermodalkan surat keterangan dari Atase Perdagangan KBRI Tokyo mengenai proyek Hello 2019 Love Indonesia, Ku Ka berhasil mendapat surat keterangan dari Kementerian Perdagangan terkait pengiriman produk kopi.
Kemudian untuk pengiriman produk-produk lainnya, melalui kerja sama dengan Garuda Cargo dan perusahaan jasa ekspor. Dengan demikian, tibalah 3.200 produk lokal Indonesia di Jepang pada 18 Desember 2018. Produk-produk ini tampil di Hello 2019 Love Indonesia, yang digelar pada 1-14 Januari 2019.
Dokumentasi showcase di SEIBU, Shibuya
Penetrasi Produk Lokal Ku Ka ke Jepang
Tahun 2019 menjadi tahun yang berkesan bagi Ku Ka karena untuk kedua kalinya, Ku Ka kembali memasarkan produk ke luar negeri. Ku Ka bersama partnernya, Riri and Dot, menggelar pameran dan bazaar produk lokal Indonesia kedua. Acara ini digelar pada 1-14 Maret 2019 di ShinQ Hikarie, lantai 5. Pameran ini terbuka untuk umum dari pukul 10.00 - 21.00 waktu Jepang. Sekitar seribu produk dari puluhan merek Indonesia dipamerkan dan diperjualkan dalam acara bertajuk Indonesia Bazaar.
Dengan membawa produk-produk Indonesia ke Jepang, Ku Ka beserta merek-merek lokal yang berpartisipasi mendapat banyak masukan dengan mengikuti standarisasi produk yang ada.Bazaar kedua Ku Ka di Jepang mendapat dukungan penuh dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo. Selain Indonesia Bazaar di Hikarie, Ku Ka bersama (X)SML Fashion kembali berpartisipasi dalam Amazon Fashion Week Tokyo 2019.
Jadi kalau kembali ditanya mengapa harus produk lokal Indonesia, jawabannya …… karena produk Indonesia mampu bersaing dengan produk yang ada di luar negeri, produk Indonesia juga banyak dinikmati karena keunggulan designnya yang unik khas Indonesia serta banyak variasinya, kalau untuk kualitas sudah ada yang akhirnya bisa menyesuaikan standar negara tujuan. Ku Ka akan selalu mendukung kemajuan produk lokal Indonesia dan membuka peluang kerjasamanya seluas-luasnya bagi para UMKM, stakeholders, pemerintah maupun pihak swasta lainnya untuk berkolaborasi membuat suatu kegiatan maupun kampanye untuk membuat produk Indonesia bisa berjaya tidak hanya di negara sendiri.
Semoga di tengah masa pandemi ini, para UMKM bisa saling mendukung untuk tetap berkarya & berkreasi, dengan adanya Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia yang digaungkan pemerintah sebagai upaya penggabungan antara masyarakat, e-commerce, dalam mendukung perekonomian UMKM saat ini serta pemulihan pasca pandemi. Nantinya dalam gerakan ini para pelaku UMKM akan mendapatkan pelatihan dan edukasi tentang digital skill.
Harapan dari Gerakan #BanggaBuatanIndonesia ini yakni, UMKM dapat bertahan dalam keadaan apapun dan bisa terus berkembang untuk menjangkau customer di berbagai daerah di penjuru Dunia. Yuk sama-sama kita dukung gerakan #BanggaBuatanIndonesia dengan membeli & menggunakan produk-produk lokal hasil para UMKM di Indonesia. Kamu bisa cek produk-produk lokal di kuka.co.id juga ya, boleh dong promo lagi yaaaa, semoga setelah pandemi Ku Ka bisa kembali membawa produk-produk lokal luar negeri lagi, bantu aminin dan tetap dukung Ku Ka ya!
Baca Artikel Lain
Kabar Terkini 25 Januari 2023
Masyarakat Umum Sudah Bisa Booster Kedua
Penulis: Ku Ka
Editor : Ku Ka
Kabar Terkini 13 Oktober 2022
Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023
Penulis: Ku Ka
Editor : Ku Ka
Kabar Terkini 20 September 2022
Timnas Indonesia U-20 Lolos Ke Piala Asia U-20
Penulis: Ku Ka
Editor : Ku Ka
62 Pride 20 September 2022
BLACKPINK Kenakan Busana Rancangan Desainer Indonesia
Penulis: Ku Ka
Editor : Ku Ka
62 Pride 16 September 2022
Film Ngeri-ngeri Sedap Terpilih Mewakili Indonesia di Piala Oscar 2023
Penulis: Ku Ka
Editor : Ku Ka
Artikel Terbaru